" https://lh3.googleusercontent.com/-bf_x-yTTHjQ/Ts32HIlpUJI/AAAAAAAAAgQ/WctrlVSdVXI/s800/bluematrix.gif RAHMAD'S BLOG: Kisah Ashabul Kahfi UA-63936146-1

Kamis, 18 Juni 2015

Kisah Ashabul Kahfi

Assalamualaikum wr.wb



Lokasi Gua Ashabul Kahfi terletak kira-kira 7km dari pusat bandar Amman, Jordan. Kawasan ini suatu ketika dahulu dikenali dengan Ar-Raqim kerana terdapat kesan tapak arkeologi yang bernama Khirbet Ar-Raqim di kawasan tersebut. Perkataan Ar-Raqim juga disebut di dalam Al-Quran dan Ahli Tafsir menafsirkan Ar-Raqim sebagai nama anjing dan ada yang menyatakan ia sebagai batu bersurat.

Kahf Ahlil Kahf merupakan lokasi sejarah yang membuktikan kebenaran kisah di dalam Al-Quran iaitu di dalam Surah Kahfi mulai ayat 9 hingga 26. Ayat di dalam Surah tersebut menceritakan bagaimana 7 orang pemuda yang beriman kepada Allah melarikan diri ke sebuah gua dan Allah menidurkan mereka selama 309 tahun Qamariah (300 tahun Shamsiah) sehingga mereka tidak dapat dibangunkan oleh suara apa sekalipun.

Firman Allah; “Adakah engkau menyangka (wahai Muhammad), bahawa kisah ‘ashabul kahfi’ (penghuni gua) dan ‘ar-raqiim’ (anjing mereka) termasuk antara tanda-tanda-tanda kekuasaan Kami yang menakjubkan? (Ingatlah) tatkala pemuda-pemuda itu mencari tempat berlindung ke dalam gua lalu mereka berdoa: “Wahai Tuhan kami berikanlah rahmat kepada kami dari sisi-Mu dan sempurnakanlah bagi kami petunjuk yang lurus dalam urusan kami (ini)”. (al-Kahfi: 9)


Ashabul kahfi (penghuni-penguni gua) yang dimaksudkan dalam ayat di atas, menurut para ulama’- terdiri dari tujuh orang pemuda iaitu;
Maksalmina
Tamlikha
Martunus
Bainunus atau Nainunus
Sarbunus
Dzunuanus
Kasyfitatanunus

Bersama mereka seekor anjing bernama Qitmir mengekori mereka. Pemuda-pemuda ini beriman kepada Allah di tengah kekufuran kaum dan bangsa mereka. Identiti mereka sebagai pemuda yang beriman diakui oleh Allah dengan firmanNya;

“Sesungguhnya mereka itu adalah pemuda-pemuda yang beriman kepada Tuhan mereka dan Kami tambahkan kepada mereka petunjuk”. (al-Kahfi: 13)

Menurut ahli sejarah, kisah ini berlaku pada zaman sebelum kedatangan Islam di satu negeri bernama Afsus yang terletak di Turki (ada pendapat menyatakan di Jordan, dan ada juga mengatakan di Syria). Asalnya penduduk negeri itu beriman kepada Allah dan beribadat mengesakanNya.

Namun keadaan berubah selepas kedatangan seorang raja bernama Diqyanus. Raja ini menganut fahaman kufur/berhala dan dia memaksa rakyat di bawah pemerintahannya supaya murtad dari agama Allah yang dibawa Nabi Isa a.s. dan bertukar kepada agama kufur/berhala yang dianutinya. Rakyat yang takut dengan ancaman dan seksaan raja itu terpaksa akur dengan arahan yang zalim itu.



Namun tujuh pemuda beriman tadi tidak mahu tunduk dengan tekanan raja kafir itu. Mereka tetap teguh mempertahankan aqidah mereka walaupun menyedari nyawa dan diri mereka mungkin terancam dengan berbuat demikian. Akhirnya mereka dipanggil mengadap raja itu.

Di hadapan raja yang zalim itu, mereka dengan penuh berani dan bersemangat berhujjah mempertahankan iman dan prinsip aqidah Ilahi yang mereka yakini. Allah berfirman menceritakan peristiwa mereka berhujjah;

“Dan Kami telah meneguhkan hati mereka di waktu mereka berdiri (di hadapan raja) lalu mereka berkata (membentangkan hujjah kepada raja): ”Tuhan kami adalah Tuhan langit dan bumi; kami sekali-kali tidak menyeru Tuhan selain Dia, sesungguhnya kami kalau demikian telah mengucapkan perkataan yang amat jauh dari kebenaran. Kaum kami ini telah menjadikan selain Dia sebagai tuhan-tuhan (untuk di sembah). Mengapa mereka tidak mengemukakan alasan yang terang (tentang kepercayaan mereka?) Siapakah yang lebih zalim daripada orang-orang yang mengada-adakan kebohongan terhadap Allah?”. (al-Kahfi: 14-15)

Walaupun tidak mampu menjawab hujjah-hujjah yang mantap dari pemuda-pemuda beriman ini, raja yang kufur dan zalim itu tetap berkeras mahu mereka murtad dari agama mereka. Ia memberikan tempoh beberapa hari kepada mereka. Jika selepas tempoh itu pemuda-pemuda ini tetap berkeras, maka mereka akan dimurtadkan secara paksa atau akan dibunuh. Kerana sayangkan aqidah dan agama mereka, pemuda-pemuda ini bermesyuarat sesama mereka untuk mencari keputusan yang muafakat. Apakah tindakan yang sepatutnya diambil untuk mempertahankan diri dan juga agama mereka? Akhirnya mereka memutuskan untuk lari bersembunyi dan berlindung di dalam gua di kawasan pedalaman/kampung.

Firman Allah; “Dan oleh kerana kamu telah mengasingkan diri dari mereka dan dari apa yang mereka sembah selain Allah, maka pergilah kamu berlindung di gua itu, supaya Tuhan kamu melimpahkan dari rahmat-Nya kepada kamu dan menyediakan kemudahan-kemudahan untuk menjayakan urusan kamu dengan memberi bantuan yang berguna”. (al-Kahfi: 16)

Mereka lari ke pedalaman di kawasan pergunungan bernama Nikhayus. Di situ terdapat sebuah gua dan di situlah mereka bersembunyi dan berlindung. Kebetulan semasa perjalanan mereka ke situ mereka telah diekori oleh seekor anjing bernama ar-raqiim. Maka anjing itu turut bersama-sama dengan mereka berlindung dan menetap di gua itu. Di dalam gua itu mereka diberi ketenangan dan ketenteraman oleh Allah.Allah telah menidurkan mereka dengan nyenyak dalam gua tersebut.

Firman Allah menceritakan tentang mereka di dalam gua;
“Lalu Kami tidurkan mereka dengan nyenyaknya di dalam gua itu bertahun-tahun lamanya”. (al-Kahfi: 11).



Allah ingin menzahirkan bukti-bukti kekuasaanNya kepada hamba-hambaNya melalui peristiwa ini. Maka Allah telah mentakdirkan pemuda-pemuda ini tidur dalam jangka masa yang amat lama iaitu selama 300 tahun (mengikut perkiraan tahun Masihi) atau 309 tahun (mengikut tahun Hijrah).


“Dan mereka telah tinggal tidur dalam gua mereka selama tiga ratus tahun (dengan kiraan ahli Kitab), dan hendaklah kamu tambah sembilan tahun lagi (dengan kiraan kamu) (yakni menjadi 309 tahun)”. (al-Kahfi: 25)


Walaupun mereka tidur amat lama dan tanpa makan dan minum, tetapi dengan kuasa Allah, badan dan jasad mereka tidak hancur dan musnah. Bahkan Allah menyatakan bahawa; jika kita lihat keadaan mereka di dalam gua itu nescaya kita tidak akan percaya bahawa mereka sedang tidur.

“Dan engkau sangka mereka sedar padahal mereka tidur; dan Kami balik-balikkan mereka dalam tidurnya ke sebelah kanan dan ke sebelah kiri (supaya badan mereka tidak dimakan tanah), sedang anjing mereka mengunjurkan kedua lengannya di muka pintu gua. Dan jika kamu menyaksikan mereka tentulah kamu akan berpaling dari mereka dengan melarikan (diri) dan tentulah (hati) kamu akan dipenuhi dengan ketakutan terhadap mereka”. (al-Kahfi: 18)


Setelah sampai tempoh yang ditetapkan Allah (iaitu 300 tahun atau 309 tahun), mereka dibangunkan. Ketika mereka bangun mereka sendiri tidak menyedari bahawa mereka tidur dalam jangka masa yang amat lama. Mereka menyangka mereka hanya tidur dalam masa sehari atau separuh hari sahaja.“Berkatalah salah seorang di antara mereka: “Sudah berapa lamakah kamu berada (di sini?)”. Mereka menjawab: “Kita berada (di sini) sehari atau setengah hari….”. (al-Kahfi: 19)


Sebaik bangun dari tidur mereka, mereka terasa lapar. Maka sebahagian dari mereka mencadangkan agar dihantar seorang wakil untuk ke Bandar bagi mencari sesuatu untuk di makanan. Akhirnya mereka memilih Tamlikha untuk ke kota Afsus. Kebetulan semasa mereka melarikan diri dulu mereka membawa bersama bekalan wang perak.

Firman Allah menceritakan cadangan sebahagian dari mereka itu;
“Maka suruhlah salah seorang di antara kamu pergi ke kota dengan membawa uang perak kamu ini, dan hendaklah dia lihat manakah makanan yang paling baik (yakni yang bersih dan halal), maka hendaklah dia membawa makanan itu untuk kamu, dan hendaklah dia berlaku lemah lembut dan janganlah sekali-kali menceritakan hal kamu kepada seseorangpun. Sesungguhnya jika mereka dapat mengetahui tempatmu, niscaya mereka akan melempar kamu dengan batu, atau memaksamu kembali kepada agama mereka, dan jika demikian niscaya kamu tidak akan beruntung selama-lamanya”. (al-Kahfi: 19-20)

Lihatlah betapa bersihnya hati dan akhlak mereka. Walaupun dalam keadaan yang gawat dan susah serta kelaparan, tetapi mereka masih berpesan kepada sahabat mereka yang ditugaskan ke kota mencari makanan itu supaya mencari dan memilih makanan yang bersih dan halal. Ini menandakan bahawa mereka adalah pemuda-pemuda yang bertakwa kepada Allah. Di dalam al-Quran, Allah memerintahkan kita supaya bertakwa kepadaNya sedaya yang kita mampu, dalam keadaan mana sekalipun, sama ada senang atau susah.

FirmanNya; “Maka bertakwalah kamu kepada Allah menurut kesanggupanmu dan dengarlah serta ta`atlah; dan nafkahkanlah nafkah yang baik untuk dirimu”. (at-Taghabun: 16)

Walaupun Allah menceritakan dalam ayat tadi bahawa pemuda-pemuda amat berhati-hati dan berjaga-jaga agar jangan diketahui orang lain–kerana mereka menyangka raja yang memerintah negeri masih raja yang dulu dan kafir kepada Allah, namun Allah telah mentakdirkan supaya berita tentang mereka diketahui oleh hamba-hambaNya yang lain bagi menunjukan kekuasaan dan kehebatanNya. Kebetulan semasa pemuda-pemuda ashabul kahfi ini dibangkitkan Allah setelah tidur 300 tahun lamanya, suasana negeri telah banyak berubah. Raja dan pemerintah negeri merupakan orang yang beriman kepada Allah. Begitu juga dengan kebanyakan rakyatnya.Namun masih terdapat segelintir rakyat dalam negeri itu yang masih ragu-ragu tentang kebenaran kiamat; mereka masih ragu-ragu; bagaimana Allah boleh menghidupkan orang yang telah mati? Apatah lagi yang telah beribu bahkan berjuta tahun lamanya dimakan tanah. Maka bertepatanlah masanya Allah membangkitkan ashabul kahfi pada zaman tersebut dan menzahirkan kekuasaanNya kepada hamba-hambaNya yang masih ragu-ragu lagi.


“Dan demikianlah Kami dedahkan hal mereka kepada orang ramai supaya mereka mengetahui bahwa janji Allah menghidupkan orang mati adalah benar, dan bahwa kedatangan hari kiamat tidak ada keraguan padanya”. (al-Kahfi: 21)

Allah mendedahkan perihal pemuda-pemuda ashabul kahfi itu semasa wakil mereka itu datang ke kota hendak membeli makanan. Ia merasa hairan melihat keadaan kota dan penduduknya berubah sama sekali. Penduduk kota pula merasa hairan melihat keadaan wakil itu dan mereka semakin syak apabila mereka melihat wang perak yang dibawanya ialah wang zaman dahulu yang sudah tidak laku lagi. Ia dituduh menjumpai harta karun lalu dibawa mengadap raja yang beriman dan mengambil berat hal agama. Setelah mendengar kisahnya, raja dan orang-orangnya berangkat ke gua ashabul kahfi bersama wakil itu, lalu berjumpa dengan pemuda-pemuda itu sekeliannya dan mendengar kisah mereka.

Sejurus kemudian pemuda-pemuda itu pun dimatikan Allah sesudah memberi ucapan selamat tinggal kepada raja yang beriman itu dan orang-orangnya. Raja mencadangkan supaya sebuah masjid didirikan di sisi gua itu. Sementara itu ada yang mencadangkan supaya mendirikan sebuah bangunan atau tugu sebagai kenangan.

Hal ini diceritakan Allah dengan firmanNya;
“Setelah itu maka (sebahagian dari mereka) berkata: “Dirikanlah sebuah bangunan di sisi (gua) mereka, Allah jualah yang mengetahui akan hal ehwal mereka”. Orang-orang yang berkuasa atas urusan mereka (yakni pihak raja) pula berkata: “Sesungguhnya kami hendak membina sebuah masjid di sisi gua mereka”. (al-Kahfi: 21)


Kisah para pemuda yang tidur selama 300 tahun menjadi misteri yang begitu memikat untuk dipecahkan selama 1400 tahun, sejak quran diturunkan.
(Al-Kahf):9 - Atau kamu mengira bahwa ashabul kahfi dan raqim  itu, di antara ayat-ayat Kami, suatu keajaiban?
Untuk mengkaji kisah ashabul kahfi, sejenak kita berjalan-jalan ke wilayah New Mexico, tepatnya di situs arkeologi Chaco Canyon, yang benar-benar menakjubkan, bahkan hingga abad 21 kini, misterinya belum terpecahkan oleh para arkeolog dunia.
Berikut cuplikan tentang situs yang mengagumkan ini dari sebuah artikel di:
http://www.univer-science.com/2014/08/mengungkap-misteri-budaya-kuno-chaco.html
Selama lebih dari 2.000 tahun, orang-orang Pueblo kuno menempati wilayah luas di selatan-barat Amerika Serikat. Chaco Canyon adalah pusat utama kebudayaan leluhur Pueblo antara tahun 850 dan 1250 Masehi, tempat ini adalah merupakan pusat untuk melakukan berbagai upacara, perdagangan dan kegiatan politik untuk wilayah prasejarah  Four Corners (Utah, Colorado, Arizona, dan New Mexico).
Puebloans dibuat dari blok batu pasir dan kayu yang diambil dari jarak yang yang sangat jauh, pembuatan lima belas kompleks utama yang diperkirakan telah menjadi bangunan terbesar di Amerika Utara hingga abad ke-19. Bangunan-bangunan besar bertingkat berorientasi pada matahari, bulan, dan arah kardinal, tingginya tingkat organisasi sosial masyarakat, dan aktifitas  perdagangan yang luas, menciptakan visi budaya seperti yang lain terlihat sebelumnya atau sesudahnya di dalam negeri tersebut. Yang lebih menakjubkan lagi, lokasi bangunan-bangunan di situs secara akurat menggambarkan beberapa konstelasi bintang. Disini masih dapat ditemui teknik perhitungan waktu berdasarkan peredaran matahari dan bulan, yang kesemuanya menambah decak kagum pencapaian ilmu astronomi suku Indian kuno sejak 2000 tahun yang lalu.
Namun, semua ini TIBA-TIBA RUNTUH pada abad ke-13 ketika pusat peradaban ini SECARA MISTERIUS DITINGGALKAN dan tidak pernah dihuni lagi. Bagaimana Quran menjelaskan misteri ini?
018,018 : wa ta hsabu hhum -ayqaazhan wa hhum ruquwdun wa nu qallibu hhum dzaata lyamiyni wa dzaata sysyimaali wa kalbu hhum baasithun dziraa’a y hhi bi lwashiydi lawi ththala’ ta ‘alay hhim la wallay ta min hhum firaaran wa la muli- ta min hhum ru’ban
dan (kamu) menghitung mereka bangun, dan (padahal) mereka tidur, dan kami balikkan mereka punya kanan dan punya kiri dan anjing mereka mengulurkan dua lengan nya dengan yang ditutup-rapat, sekiranya nampak atas mereka bagi mengawali dari mereka suatu yang dipercepat dan bagi dipenuhi dari mereka suatu yang ra’ib.
Note : Kata “baasithun” (ba-sin-tha) dalam bahasa inggris adalah : to expand, to extend, to spread, yang berarti merentangkan/membentangkan, sehingga frasa  “wa kalbu hhum baasithun dziraa’a y hhi” dapat diterjemahkan “dan anjing mereka merentangkan kedua tangannya”. Sebagaimana telah disebutkan, bahwa kawasan Four Corners USA adalah kawasan peradaban canggih yang disebut “celestial desert”, dimana lokasi2 situs bertepatan dengan konstelasi bintang. Frasa “anjing merentangkan kedua lengannya” di QS 18:18, adalah kode bahwa lokasi gua terletak di posisi bintang utama dari konstelasi Canis Major (”Anjing Besar”), yaitu bintang Sirius (Syi’raa). sebagaimana dapat dilihat di gambar berikut:
14123936831312320794
Gambar berikut adalah superimpose Canis Major di kawasan New Mexico dengan menggunakan google earth;  maka si “anjing besar” sebagai petunjuk awal lokasi kahfi terdapat di Chaco Canyon.
14123941541299201355
Di Chaco Canyon, akan kita temui banyak kahfi (cave), yang disebut KIVA. Seperti ini wujud Kiva-kiva yang berbentuk lingkaran sempurna di Chaco Canyon. Namun, manakah diantara kiva-kiva tersebut yang memperoleh gelar sebagai al-kahfi (the Cave), karena hanya ada satu the Cave, yaitu Al-kahfi.
14123943831028841992
Untuk mengkajinya sehingga mudah-mudahan diperoleh pemahaman yang mendekati kebenaran, kita dapat memulainya dengan petunjuk yang terdapat di QS 18:17 (terjemah oleh Qarrobin Djuti)
018,017 : wa ta raa sysyamsa –idzaa thala’at ta zaawaru ‘an kahhfi hhim dzaata lyamiyni wa –idzaa gharabat tta qridhu hhum dzaata sysyimaali wa hhum fiy fajwatin mmin hhu dzaalika min –aayaati llahhi man ya hhdi llahhu fa hhuwa lmu hhtadi wa man yu dhlil fa lan ta jida la hhuw waliyyan mmu rsyidan
dan dilihat matahari bila terbit nampak memalsu dari kahhfi mereka punya kanan, dan bila terbenam meminjam mereka punya kiri, dan mereka di dalam suasana dari nya, demikian dari ayat – ayat allahh, sesiapa yang akan ditunjuki allahh maka dia yang ditunjuki, dan sesiapa yang akan disesatkan maka tidak akan mendapati bagi nya pengawal, suatu yang lurus.
FRASA:
dan dilihat matahari bila TERBIT nampak memalsu (ta zaawaru) dari sebelah KANAN kiva, dan bila TERBENAM meminjam mereka punya kiri, dan mereka di dalam suasana ( fiy fajwatin ) dari nya.
Dari penelusuran atas kiva-kiva yang berjumlah puluhan dan 6 kiva besar, kita peroleh satu-satunya kiva yang memenuhi syarat dari ayat quran tersebut, yaitu di CASA RINCONADA, yang juga merupakan kiva terbesar dan berlokasi terpisah dengan kiva-kiva lainnya.. Dapat kita lihat di gambar berikut, bagaimana tarian sunrise dan sunset terjadi di jendela tertutup ini (disebut niche). Fenomena tarian matahari (sun dance) buatan suku Indian kuno ini hanya terjadi satu tahun sekali, tepat saat summer solstice, tanggal 21 Juni, dan berulang-ulang terjadi tepat di tanggal yang sama selama ribuan tahun. Hitungan yang sangat teliti!
14123944701958173647
dan bila TERBENAM meminjam (ta qridhu hhum) disebelah KIRI mereka di dalam suasana (fajwatin ) dari nya.
Kata “qridhu hhum” mempunyai kata dasar “qaf-ra-dha” yang berarti meminjam atau menggerogoti (eng: gnaw, nibble). Dapat kita lihat dari gambar di atas, saat sunset, spektrum matahari seolah-olah menggerogoti niche di sebelah kanan.
14123945331960772320
“dan dilihat matahari bila TERBIT nampak memalsu (ta zaawaru) dari sebelah kanan KIVA”. Mengapa disebut ta-zaawaru (memalsu)? Karena sinar yang menerpa pintu gua ini, bukanlah sinar matahari langsung, melainkan suatu spektrum yang direkayasa manusia (man-made). Za-waw-ra, dari google translate juga berarti spektrum.
14123945912103742707
Kita akan dibuat takjub melihat kejadian di situs Casa Rinconada ini, bagaimana spektrum matahari sengaja diarahkan dengan perhitungan teliti, sehingga sinar matahari diarahkan masuk melalui jendela terbuka, lalu diteruskan hingga menerpa jendela tertutup di dalam kiva. Di gambar ini, menjadi lebih jelas bahwa yang dimaksud “fajwatin” adalah interior Casa Rinconada yang sangat luas, berbentuk lingkaran sempurna dengan diameter 19m. Fajwatin (fa-jim-wa) berarti “suasana (ambience) atau open space”
14123946701730124488
Gambar Spektrum yang terhalangi manusia:
1412394767954629010
Jendela terbuka casa rinconada tempat sinar matahari masuk :
1412394865841988011
Dapat dilihat lebih jelas arah diagram spektrumnya di gambar berikut:
1412394907278834196
Kita telah mengetahui, bahwa Casa Rinconada adalah lokasi berdirinya “si anjing besar” (canis major), lalu apakah yang dimaksud dengan “anjingnya merentangkan kedua lengannya dengan yang ditutup rapat (bil-washidi)?
Yang dimaksud lengan anjing adalah dua kaki depan anjing yang berdiri. Di dalam casa rinconada terdapat 4 tiang besar berbentuk bulat, dimana 2 tiang depan menggambarkan 2 lengan anjing, dan 2 tiang belakang menggambarkan 2 kaki anjing. Bil-washidi artinya “dengan tangkisan (blockage)”, dimana tiang besar bagian depan berfungsi memblok spektrum matahari sehingga tidak jatuh ke niche no. 28. Sebagai informasi, kiva ini mempunyai 28 niche simetrikal + 6 niche tak simetrikal yang berukuran lebih besar, sehingga total terdapat 34 niche. Berikut gambar spektrum matahari yang diblok oleh lengan anjing.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar